Pandemi COVID-19, Peminjaman E-Book di Kota Madiun Meningkat Drastis

Selasa, 21 September 2021 – 23:45 WIB
Pandemi COVID-19, Peminjaman E-Book di Kota Madiun Meningkat Drastis - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Aplikasi iMadiun yang dapat diunduh di smartphone untuk mengakses buku digital koleksi Perpustakaan Kota Madiun. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

jatim.jpnn.com, MADIUN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun mencatat kenaikan jumlah peminjaman koleksi buku digital di perpustakaan daerah setempat.

Jumlah itu meningkat seiring dengan pembatasan mobilitas selama masa pandemi COVID-19 dan penerapan PPKM.

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun, Heri Wasana menuturkan peminjaman buku digital mengalami kenaikan jika dibandingkan tahun 2020.

"Dari Januari hingga akhir Agustus lalu, ada 1.944 orang telah meminjam e-book yang ada di aplikasi iMadiun," kata Heri, Selasa (21/9).

Jumlah tersebut meningkat bila dibandingkan tahun lalu yang hanya berjumlah 1.477 orang. Sementara tahun 2019, 1.195 peminjam.

"Memang untuk menghindari kerumunan selama PPKM, kami lebih memaksimalkan pelayanan peminjaman e-book," ujar dia.

Selain itu, pelayanan seperti mobil perpustakaan keliling, layanan referensi, hingga rumah pintar juga dihentikan operasionalnya untuk sementara demi mendukung program pemda dalam penanggulangan pandemi dan mencegah penularan COVID-19.

Heri memaparkan saat ini, koleksi e-book yang ada di iMadiun mencapai 38.027 eksemplar dengan 5.989 judul. Biasanya untuk buku pelajaran sekolah satu judul disediakan lebih dari dua eksemplar.

Peminjaman buku digital di Kota Madiun melonjak drastis seiring pembatasan mobilitas akibat pandemi COVID-19 dan penerapan PPKM.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News