Agar Beradaptasi di Era 4.0, Dinas Koperasi Probolinggo Berikan Pelatihan Vokasi Kepada UMKM

Sabtu, 18 September 2021 – 12:43 WIB
Agar Beradaptasi di Era 4.0, Dinas Koperasi Probolinggo Berikan Pelatihan Vokasi Kepada UMKM - JPNN.com Jatim
Suasana pelatihan vokasi untuk UMKM di sektor perikanan dan peternakan yang digelar di Bromo Park Hotel Probolinggo, 17-19 September 2021. (ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Probolinggo)

jatim.jpnn.com, PROBOLINGGO - Pelaku UMKM sektor perikanan dan peternakan di Kabupaten Probolinggo mendapatkan pelatihan vokasi dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten setempat.

Pelatihan yang berlangsung di Bromo Park pada 17-19 September 2021 tersebut mengedepankan pengembangan UMKM agar mampu beradaptasi di masa pandemi dan di era 4.o.

"Tahun kedua pandemi Covid-19 dan kondisi disruptif hari ini terus berpengaruh pada kondisi sosial ekonomi masyarakat. Jadi UMKM harus terus lakukan adaptasi agar bertahan," jelas Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto di kabupaten setempat, Sabtu.

Salah satu aspek yang perlu ditekankan, kata Anung, adalah kekuatan merek UMKM. Hal ini dilakukan agar bisa menciptakan citra merek yang baik.

"Jadi, kalau UMKM mau sukses dan berhasil harus mampu memperkuat citra personal, legal, dan produk," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, UMKM harus inovatif agar tetap eksis dan tangguh di masa revolusi Industri 4.0.

Pelatihan yang bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM tersebut diharapkan mampu menjadi jembatan untuk UMKM di Probolinggo memulihkan ekonomi.

Hal itu seperti diungkapkan Kepala Bidang Pelatihan dan Pendampingan SDM Usaha Mikro Deputi Pengembangan Kapasitas Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Aby Aldrin Bahrony bahwa UMKM Indonesia berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal serta nasional.

Pelaku UMKM sektor perikanan dan peternakan di Kabupaten Probolinggo mendapatkan pelatihan vokasi dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten setempat.
Sumber Antara