Rilis Aplikasi 'Usul Bansos', Pemkot Surabaya Diminta Libatkan Elemen Masyarakat

Minggu, 29 Agustus 2021 – 21:00 WIB
Rilis Aplikasi 'Usul Bansos', Pemkot Surabaya Diminta Libatkan Elemen Masyarakat - JPNN.com Jatim
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Surabaya M. Fikser menunjukkan aplikasi Usul Bansos, Jumat (27/8/2021). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Komisi D DPRD Kota Surabaya, Jawa Timur menilai aplikasi 'Usul Bansos' bikinan pemkot setempat perlu diimbangi dengan keterlibatan semua elemen masyarakat.

"Pelibatan seluruh elemen sangat penting sebab banyak warga yang tak mengerti soal perkembangan teknologi informasi," kata Ketua Komisi D DPRD Surabaya, Khusnul Khotimah, Minggu (29/8).

Dia pun mengapresiasi inovasi Pemkot Surabaya berbentuk aplikasi guna memudahkan warga mengusulkan dirinya sendiri ataupun kerabatnya yang membutuhkan dan belum dapat bantuan dari pemerintah.

Aplikasi 'Usul Bansos' tersebut dapat diakses melalui laman https://usulbansos.surabaya.go.id/.

Meski demikian, Khusnul mengingatkan pemkot bila tidak semua warga Surabaya memiliki smartphone dan paham soal teknologi informasi.

Oleh karena itu, perlu adanya keterlibatan semua pihak mulai dari RT, RW, tokoh masyarakat, hingga Karang Taruna, dan pilar sosial lainnya untuk menjembatani mereka.

Dia mencontohkan nenek Rumiyah (78) yang tinggal di Kalimas Hilir, Nyamplungan, Pabean Cantikan, Surabaya itu mengalami sakit di kedua kakinya sehingga tidak bisa berjalan.

Nenek tersebut belum mendapat bantuan sosial (bansos) karena belum terdaftar sebagai masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Legislator menilai aplikasi 'Usul Bansos' bikinan pemkot setempat perlu diimbangi dengan keterlibatan semua elemen masyarakat.
Sumber Antara