Kopi Asal Jember ini Diminati Pasar Eropa dan Amerika

Senin, 23 Agustus 2021 – 11:46 WIB
Kopi Asal Jember ini Diminati Pasar Eropa dan Amerika - JPNN.com Jatim
Foto dok. Biji kopi yang dihasilkan Kebun Gunung Gumitir milik PTPN XII di Kabupaten Jember, Jawa Timur (ANTARA/HO-PTPN XII)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Kopi specialty atau kopi khusus dari perkebunan di Jember, Jawa Timur, laku dipasaran Eropa dan Amerika.

PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII sebagai produsen kopi tersebut mencatat mitra dagang mereka sudah tersebar di Amerika Serikat, Italia, Jerman, dan Jepang.

Kepala Bagian Non-Core Business & Optimalisasi Aset PTPN XII Nelson Limbong mengatakan minat dari pihak mancanegara tersebut karena kualitas dan cita rasa kopi specialty berbeda dengan komoditas sejenis dari pemasok lainnya.

"Mutu kopi dengan karakter spesifik tersebut berasal dari teknik budi daya dan pengolahan yang kami terapkan," terangnya, Sabtu (21/8)

Nelson menjelaskan kalau kopi specialty yang terdiri dari kopi arabika dan kopi robusta tersebut merenapkan teknik budi daya dan diolah secarawet process dan fermentasi.

Untuk kopi robusta diolah secara wet process dengan sistem manajemen mutu UTZ Certified, GAP (Good Agriculture Practice), dan GMP (Good Manufactured Practice).

Menurut Nelson pengolahan macam itu menghasilkan kualitas dan cita rasa spesifik.

"Kualitas tersebut membawa keunggulan kompetitif. Di Amerika, kopi-kopi tersebut dikenal dengan Java Coffe, yakni Specialty Arabica Coffee maupun Specialty Robusta Coffee," katanya.

Kopi dari perkebunan PTPN di Jember, Jawa Timur, laku dipasaran Eropa dan Amerika.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News