Kabar Terbaru Progres Vaksin Merah Putih Unair, Sudah Diuji Coba ke ...

Kamis, 19 Agustus 2021 – 13:04 WIB
Kabar Terbaru Progres Vaksin Merah Putih Unair, Sudah Diuji Coba ke ... - JPNN.com Jatim
Vaksin Merah Putih diharapkan mulai digunakan pertengan 2022. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Vaksin Merah Putih COVID-19 karya peneliti Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jawa Timur telah merampungkan fase uji praklinik pertama dengan hasil yang cukup baik.

"Dari segi imunogenetik, trombosis vena serebral (CVT) juga baik," kata Ketua Peneliti Vaksin Merah Putih Unair, Prof Fedik Abdul R, Rabu (18/8).

Fendik menjelaskan hasil pengujian praklinik tahap pertama pada hewan transgenik itu menjadi dasar pengembangan fase kedua menggunakan binatang uji makaka yang saat ini sedang berjalan.

Sejauh ini, dari fisik sampai fisiologi makaka terdapat beberapa respons imun seluler, kemudian antibodi tersebut menunjukkan tren yang lebih baik.

"Berarti dosis kami itu berfungsi dan mudah-mudahan bisa menginduksi antibodi yang lebih baik," ujar Fendik.

Unair sebelumnya sempat mengalami kendala pada fasilitas 'bio safety level 3' dalam uji praklinik fase pertama. Masalah tersebut kini sudah teratasi setelah ada pendampingan sarana prasarana laboratorium dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Fendik pun menyampaikan fase kedua uji praklinik bekerja sama dengan perusahaan farmasi swasta PT Biotis Pharmaceutical Indonesia yang berdomisili di Bogor, Jawa Barat.

"Saya melihat komitmen PT Biotis Pharmaceutical Indonesia sangat tinggi karena biaya dari produk inactivated virus itu jauh lebih besar serta membutuhkan sarana prasarana yang berstandar nasional dan internasional," katanya.

Lama dinanti, begini perkembangan pembuatan Vaksin Merah Putih karya peneliti Unair. Simak!
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News