Akademisi Unair Ingatkan Cara Pemakaian Masker yang Kerap Diabaikan ini

Rabu, 18 Agustus 2021 – 14:23 WIB
Akademisi Unair Ingatkan Cara Pemakaian Masker yang Kerap Diabaikan ini - JPNN.com Jatim
Ilustrasi memakai masker (Pexel)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sekarang masyarakat diwajibkan agar selalu memakai masker setiap kali melakukan aktivitas terutama di luar rumah atau bertemu dengan orang.

Pemakaian masker ini merupakan langkah pencegahan agar tidak terinfeksi Covid-19. Di Indonesia sudah memasuki tahun kedua masa pandemi, meski begitu masih banyak masyarakat yang belum memakai masker dengan benar.

Akademisi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Diansanto Prayoga, S.KM., M.Kes., menjelaskan kebanyakan masyarakat masih kerap abai dan melakukan kesalahan dalam mengenakan masker.

Oleh karenanya, dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga tersebut memberi saran pada masyarakat perihal penggunaan masker. 

"Pertama, kita musti mengganti masker setiap empat jam sekali," tutur dosen yang kerap disapa Dian ini.

Dian melanjutkan bahwa jika hendak ke luar rumah selalu sediakan masker cadangan. Menurutnya, masyarakat tidak boleh memakai kembali masker bekas yang sudah dipakai sebelumnya.

"Kita sering memakai masker kembali karena eman baru dipakai sekian menit atau satu jam, padahal itu bisa saja lapisan luar masker itu sudah terpapar virus," terang Dian seperti dilansir website resmi Unair, Rabu (18/8)

Aspek kedua yang ditekankan Dian adalah membeli masker medis yang sesuai dengan standar dan surat ijin edar.

"Kita perlu melihat spesifikasi dari masker yang akan kita beli. Sebaiknya selalu ngecek label atau keterangan ijin edar di setiap kemasan box masker sebelum membelinya," terangnya

Sekarang masyarakat diwajibkan agar memakai masker. Setiap kali melakukan aktivitas terutama di luar rumah harus dengan mengenakan masker
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News