Begini Suasana Upacara Peringatan HUT ke-76 RI di Jatim

Selasa, 17 Agustus 2021 – 13:30 WIB
Begini Suasana Upacara Peringatan HUT ke-76 RI di Jatim - JPNN.com Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (tengah) saat memimpin upacara memperingati HUT Ke-76 RI sebagai inspektur di halaman Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa (17/8/2021) pagi. Foto: Antara/HO-Biro Adpim Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI pada Selasa, 17 Agustus 2021, di Jawa Timur dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Upacara yang berlangsung di halaman di halaman Gedung Negara Grahadi di Surabaya, tersebut hanya diikuti sebanyak 40 peserta dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Sebelum pandemi Covid-19 biasnaya halaman Grahadi dihadiri sampai 3.500 orang yang kebanyakan berasal dari aparatur sipil negara (ASN).

Kali ini, seluruh ASN Pemprov Jatim menghadiri upacara secara virtual. Mereka akan lebih dulu mengikuti upaca yang digelar di Pemprov kemudian mengikuti upacara dari Istana Merdeka Jakarta yang juga secara virtual.

Setelah laporan dari pemimpin upacara, naskah Proklamasi kemudian dibacakan oleh Ketua DPRD Jatim Kusnadi, lalu dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan terakhir, pembacaan doa.

Pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan oleh 38 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang merupakan perwakilan dari 38 kabupaten/kota di Jatim.

Setelah pengibaran bendera, barisan pun dibubarkan dan instepkur kembali ke mimbar undangan.

Upacara HUT RI akan digelar dua kali, pagi hari ialah pengibaran bendera dan pada sore harinya, bendera akan ditutunkan.

Sore hari pada pukul 16.30 WIB, akan dilaksanakan upacara penurunan bendera di Grahadi, dan satu jam kemudian mengikuti di Istana Merdeka secara virtual.

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI di Jawa Timur dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Redaktur & Reporter : Febriansyah

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News