ITS Bantu KPPU Atasi Perkara Teknologi

Sabtu, 14 Agustus 2021 – 09:35 WIB
ITS Bantu KPPU Atasi Perkara Teknologi - JPNN.com Jatim
Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Jawa Timur. Foto: Antara Jatim/HO-Humas ITS/WI

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya akan membantu Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam menyelesaikan persoalan hukum yang kerap dialami oleh KPPU seperti konstruksi, pelayaran/kepelabuhanan, dan teknologi digital.

Ketua KPPU, Kodrat Wibowo di Surabaya, Jumat (13/8) mengatakan, perkara yang dihadapi KPPU kini kian pelik. Salah satu persoalan yang terus saja muncul adalah persekongkolan tender

"Komplotan tender tersebut, khususnya konstruksi, variasi dan aspek teknis yang menjadi perhatian,semakin rumit dan membutuhkan keahlian khusus," keluh Kodrat

Oleh karenanya, KPPU meminta ITS untuk mendukung dan menangani persoalan-persoalan tersebut.

Selain konstruksi, perkara teknologi digital yang berada di platform daring menjadi perhatian KPPU.

"Platform digital ini berkaitan dengan pola pelanggaran persaingan usaha yang sering terjadi di dunia internasional," ujarnya.

Rektorat ITS Prof. Dr. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng menyambut baik kerja sama tersebut. Pihaknya menyatakan kesiapan karena hal tersebut juga berkaitan dengan komitmen kampus dalam bekerja sama dengan lembaga pemerintah.

" Hal ini juga akan membantu mempermudah perkembangan dan inovasi teknologi sekaligus membantu pejabat pengadaan di ITS dalam mencegah kolusi dalam berbagai pengadaan di perguruan tinggi tersebut," pungkas Ashari. (antara/mcr17/jpnn)

ITS akan membantu Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam menyelesaikan persoalan hukum
Sumber Antara