Pasien Covid-19 Susah Cari Plasma Konvalesen? Tenang, Kampus ITS Punya Solusinya

Sabtu, 24 Juli 2021 – 20:46 WIB
Pasien Covid-19 Susah Cari Plasma Konvalesen? Tenang, Kampus ITS Punya Solusinya - JPNN.com Jatim
Peluncuran platform digital bernama PlasmaHub yang digelar secara virtual, Jumat (23/7/2021). (ANTARA Jatim/HO-Humas ITS/WI)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan platform digital bernama PlasmaHub untuk membantu permohonan plasma konvalesen bagi pasien Covid-19.

"PlasmaHub merupakan platform digital untuk mempersingkat waktu matching antara pendonor dan pemohon PK," kata Rektor ITS Prof Ir Mochamad Ashari, Sabtu (24/7).

PlasmaHub dirancang dan didesain dengan konsep ramah pengguna karena digunakan secara menyeluruh oleh berbagai stakeholder di Indonesia.

"Mulai dari pendonor, penerima donor, hingga pengelola donor PK diharapkan dapat memanfaatkan PlasmaHub ini dengan baik," tutur guru besar Teknik Elektro ini.

Ketua Satgas Covid-19 ITS Adjie Pamungkas memaparkan, PlasmaHub yang berbasis web ini berfungsi untuk mempercepat bertemunya pendonor dengan pasien virus corona.

"Kecepatan ini diharapkan dapat memanfaatkan golden time dari pasien tersebut," ujarnya.

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur Rois Sunandar Maming mengatakan pihaknya mendapat permintaan plasma Konvalesen nyaris setiap hari.

Namun, masih saja ada nyawa yang tidak tertolong karena kurangnya stok Plasma Konvalesen, serta tidak menemukan donor yang sesuai.

ITS Surabaya meluncurkan PlasmaHub untuk membantu permohonan plasma konvalesen bagi pasien Covid-19.