Butuh Perhatian Lebih, Puluhan Ibu Hamil Suspect Covid-19 di Kediri

Rabu, 11 Agustus 2021 – 14:17 WIB
Butuh Perhatian Lebih, Puluhan Ibu Hamil Suspect Covid-19 di Kediri - JPNN.com Jatim
Petugas medis memeriksa ibu hamil di Kediri, Jawa Timur. (ANTARA Jatim/HO-Kominfo Kota Kediri)

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Puluhan ibu hamil suspect atau diduga terpapar Covid-19 di RSUD Gambiran, Kota Kediri, Jawa Timur. Dugaan tersebut diperoleh dari data kunjungan para ibu hamil itu ke RSUD.

Dokter Jaga Poliklinik Obgyn dokter Sutoko Andrianto Sp.OG., memaparkan data kunjungan ibu hamil di RSUD Gambiran Kediri per Juli 2021. Dalam data tersebut terdapat 95 kunjungan dengan 53 ibu hamil yang di antaranya suspect COVID-19.

"Bagi ibu yang terpapar COVID-19 yang melakukan pemeriksaan, kami masih terima dengan protokol kesehatan yang ketat dan kami lakukan screening terlebih dahulu. Bahkan, kami beranggapan selalu sedang berhadapan dengan suspect covid, sehingga kami selalu berwaspada," kata dokter Sutoko Andrianto di Kediri, Rabu.

Fakta banyaknya ibu hamil suspect tersebut memang sudah diantisipasi oleh pihak RSUD Gambiran Kota Kediri. Mereka telah menyiapkan dua ruang bersalin yang disediakan Hepa Filter atau penyaring udara.

"Ruang bersalin suspect COVID-19 diatur sedemikian rupa sehingga tidak ada aerosol atau partikel gelembung udara yang beredar di sana. Selain itu, tersedia 12 ruang isolasi khusus ibu hamil," kata dia.

Sutoko menambahkan kalau ibu hamil memang memiliki potensi 40 persen lebih cepat terpapar COVID-19 dan tidak bergejala. Kejadian ini karena perubahan hormon di tubuh ibu hamil.

Selain RSUD Gambiran, beberapa rumah sakit ibu dan anak serta klinik rawat jalan bagi ibu hamil di Kota Kediri juga siap melayani ibu hamil terpapar COVID-19. Salah satunya RSIA Nirmala dan Klinik Utama Sayang Ibu.

Sebelumnya, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar telah menghimbau kepada seluruh faskes di Kota Kediri untuk melayani ibu hamil yang terpapar COVID-19.

Puluhan ibu hamil suspect atau diduga terpapar Covid-19 di RSUD Gambiran, Kota Kediri, Jawa Timur
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News