PSHW dan PSHW Sepakat Tiadakan Kegiatan Suroan

Selasa, 03 Agustus 2021 – 10:39 WIB
PSHW dan PSHW Sepakat Tiadakan Kegiatan Suroan - JPNN.com Jatim
Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan dalam kegiatan persiapan Operasi Aman Suro di Madiun. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

jatim.jpnn.com, MADIUN - Di tengah pandemi COVID-19, pengurus dua perguruan silat terbesar di Madiun, yakni PSHT dan PSHW Tunas Muda sepakat tidak menggelar kegiatan pada malam 1 Suro (Muharram) atau Suroan.

"Kesepakatan tersebut sebagai bentuk keprihatinan bersama di situasi pandemi sekaligus dukungan terhadap pemerintah dalam rangka memutus penularan COVID-19," kata Ketua Umum PSHT Pusat Madiun, R. Moerdjoko, Senin (2/8).

Dia memaparkan biasanya kegiatan Suroan yang dilakukan pihaknya seperti tradisi ziarah atau nyekar ke makam pendiri atau para leluhur PSHT, tetapi tahun ini diurungkan.

Moerdjoko pun telah membuat surat edaran untuk ditaati masing-masing pengurus cabang hingga tingkat bawah.

"Kegiatannya, diganti tirakatan di wilayah masing-masing, baik cabang, ranting, maupun rayon dengan menerapkan protokol kesehatan ketat," ujar dia.

Ketua Umum PSHW Tunas Muda Madiun, R. Agus Wiyono Santoso, juga bakal membuat edaran soal peniadaan kegiatan Suran Agung untuk anggotanya di masa pandemi.

Dia meminta anggotanya untuk menaati aturan pemerintah, yakni PPKM level 3-4 dan membatasi mobilitas.

"Kepada saudara-saudaraku seasuhan di mana pun berada agar tidak berkerumun dan patuh prokes yang menjadi aturan pemerintah untuk memutus penyebaran COVID-19," tutur dia.

PSHT dan PSHW Tunas Muda Kota Madiun sepakat tidak menggelar kegiatan pada malam 1 Suro (Muharram) atau Suroan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News