Masuki Agustus, Warga Surabaya Diimbau Kibarkan Bendera Merah Putih

Minggu, 01 Agustus 2021 – 21:45 WIB
Masuki Agustus, Warga Surabaya Diimbau Kibarkan Bendera Merah Putih - JPNN.com Jatim
Pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Balai Kota Surabaya, Minggu (1/8/2021). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

jatim.jpnn.com, ACEH - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menginstruksikan warganya untuk mengibarkan Bendera Merah Putih sedari awal Agustus dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

"Bagi warna bendera yang sudah mulai kusam, kami mohon untuk diganti baru," kata Eri, Minggu (1/8).

Imbauan itu sesuai dengan surat Wali Kota Surabaya bernomor 003.1/8716/436.3.1/2021 tertandatangan pada 29 Juli 2021.

Dalam surat tersebut, Wali Kota Eri meminta warga untuk proaktif dalam menyemarakkan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Ada beberapa poin yang disampaikan, yakni mengimbau warga untuk melakukan kerja bakti dengan cara membersihkan saluran-saluran air atau fasilitas umum (pedestrian), sekolahan, pertokoan, perkantoran swasta dan pemerintah, serta lingkungan perumahan.

"Tentunya, kegiatan kerja bakti tersebut harus dilakukan secara protokol kesehatan," ujar dia.

Eri pun mengimbau untuk menghias kota, di antaranya perkantoran, hotel, mal, restoran, supermarket, tempat hiburan umum, kantor swasta, sekolah, serta lingkungan tempat tinggal.

Warga juga diminta memasang logo, mengecat kembali bangunan gedung, pagar, gapura yang sudah kusam.

Guna menanamkan rasa nasionalisme, Eri juga meminta warga untuk memutarkan lagu-lagu perjuangan dan memakai pin Merah Putih di dada sebelah kiri selama sebulan penuh.

"Kami juga meminta untuk melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2021, pukul 08.00 WIB diikuti oleh karyawan atau karyawati dengan tetap memenuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Adapun tata caranya, antara lain, pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta, pembacaan Pancasila dan pembukaan UUD 1945, amanat inspektur upacara, dan doa bersama.

"Sementara tema peringatan HUT ke-76 RI 2021 ialah 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh'," ucap Eri. (antara/mcr13/jpnn)

 
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menginstruksikan warganya untuk mengibarkan Bendera Merah Putih sedari awal Agustus

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News