Pasca-Iduladha: Harga Daging Ayam Ras Anjlok, Cabai Terjun Bebas

Selasa, 27 Juli 2021 – 09:58 WIB
Pasca-Iduladha: Harga Daging Ayam Ras Anjlok, Cabai Terjun Bebas - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Harga daging ayam ras di Jember anjlok. Foto: Ahmad Fikri/Antara

jatim.jpnn.com, JEMBER - Harga daging ayam ras dan cabai di beberapa pasar tradisional di Jember anjlok usai Hari Raya Iduladha.

Harga daging ayam ras di Pasar Kebonsari Rp 22 ribu per kilogram, Rp 20 ribu di Pasar Tanjung, dan Rp 19 ribu di Pasar Kreongan.

"Harga daging ayam ras terus turun lantaran pasokan melimpah, sedangkan permintaan masyarakatnya menurun," kata Zubaidah, pedagang di Pasar Tanjung, Senin (26/7).

Dia menjelaskan penurunan harga terjadi selama beberapa hari terakhir. Di Pasar Tanjung, pada 23 Juli lalu, daging ayam ras seharga Rp 28 ribu per kilogram.

Esoknya turun Rp 25 ribu dan anjlok lagi menjadi Rp 20 ribu per kilogram pada 26 Juli lalu.

Kejadian serupa di Pasar Kreongan yang semula pada 20 Juli lalu, daging ayam ras seharga Rp 26 ribu per kilogram, turun menjadi Rp 25 ribu pada 20 Juli 2021. Akhirnya pada Senin (26/7), Rp 19.000 per kilo.

Kasi Pengembangan Usaha dan Promosi Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri Disperindag Jember, Eko Wahyu Septantono menyebutkan harga daging ayam ras di beberapa pasar tradisional turun di kisaran Rp 19 ribu - Rp 22 ribu per kilogram.

"Permintaan masyarakat berkurang karena mereka masih punya banyak stok daging kurban," ujar Eko.

Dia pun memastikan harga bahan pokok relatif stabil pasca-Iduladha. Hanya harga beberapa komoditas pangan yang turun seperti cabai rawit.

Harga daging ayam ras dan cabai di beberapa pasar tradisional di Jember anjlok usai Hari Raya Iduladha.
Sumber Antara