Wacana Bojonegoro Jadi Kawasan Peternak Ayam Ras Petelur

Minggu, 25 Juli 2021 – 20:11 WIB
Wacana Bojonegoro Jadi Kawasan Peternak Ayam Ras Petelur - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Pemkab Bojonegoro mencanangkan target daerahnya menjadi kawasan peternak ayam ras petelur. FotoL Antara/Novi H

jatim.jpnn.com, BOJONEGORO - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Bojonegoro, Jawa Timur mengupayakan pembangunan kawasan peternak ayam ras petelur sebagaimana yang dicanangkan Bupati Anna Mu'awanah pada 2020 lalu.

Kepala Bidang Peternakan Disnakan Bojonegoro, Elfia Nur Aini mengatakan pada tahun lalu, sejumlah program-program unggulan guna merealisasikan target bupati itu sudah direncanakan.

Sayangnya, karena munculnya pandemi COVID-19 sejak tahun lalu, akhirnya terjadi realokasi (refocussing) anggaran yang menyebabkan tidak ada dana hibah peternakan 2020.

Akhirnya, Disnakan Bojonegoro lebih banyak memberikan pelatihan kepada para peternak di wilayahnya.

"Seperti pelatihan pembuatan pakan ternak konsentrat maupun dari hijauan, bahkan pembuatan pupuk organik," kata Elfia, Minggu (25/7).

Pada tahun lalu, Disnakan pun mengajukan bantuan kepada Bank Indonesia untuk mendukung penguatan kelembagaan seperti pelatihan kepada kelompok-kelompok peternakan ayam petelur.

Walhasil, bimbingan dan teknis (bimtek) terlaksana selama tiga hari, sekaligus menjadi momentum bertemunya para peternak dengan koperasi.

"Bimtek bagi peternak ayam petelur sendiri sudah terlaksana di tiga kecamatan, yakni, Baureno, Trucuk, dan Kanor," ujar Elfia

Pemkab Bojonegoro mencanangkan target daerahnya menjadi kawasan peternak ayam ras petelur.