Maksimalkan Tenaga Kerja Lokal, Pemkab Bojonegoro Data Serapan Proyek Infrastruktur

Minggu, 25 Juli 2021 – 19:44 WIB
Maksimalkan Tenaga Kerja Lokal, Pemkab Bojonegoro Data Serapan Proyek Infrastruktur - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Pemkab Probolinggo memaksimalkan tenaga kerja lokal untuk disalurkan ke proyek-proyek infrastruktur wilayahnya. Foto: Ricardo/JPNN

jatim.jpnn.com, BOJONEGORO - Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Bojonegoro berupaya mengoptimalkan tenaga kerja (naker) lokal di sejumlah proyek infrastruktur.

Kabid Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinperinaker Bojonegoro Slamet mengatakan pada Augustus nanti, pihaknya akan mendata pekerja lokal untuk proyek-proyek setempat.

“Rencananya kami mau terjun ke lapangan Juli ini, tetapi ternyata ada PPKM darurat,” kata dia, mengutip laman resmi pemkab setempat, Minggu (25/7).

Pendataan rutin tahunan tersebut dilakukan guna mengetahui besar penyerapan pekerja lokal di proyek-proyek fisik infrastruktur wilayah Bojonegoro.

Nantinya, setelah diketahui hasilnya, diharapkan para kontraktor bisa bersinergi dengan Pemkab Bojonegoro dalam mengoptimalkan pekerja lokal.

"Apalagi pada masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, tentu banyak warga setempat butuh pekerjaan," tutur Slamet.

Selama ini, Dinperinaker mengumpulkan data pekerja lokal dari masing-masing OPD, baik kontraktual maupun tenaga harian lepas (THL).

Ketua Komisi D DPRD Bojonegoro Abdulloh Umar mendukung pengecekan data naker lokal. Dia juga berharap penyerapan tenaga kerja lokal bisa ditingkatkan.

Pemkab Bojonegoro punya cara jitu mengoptimalkan tenaga kerja (naker) lokal yang berada di daerahnya. Begini caranya: