Tekan BOR, Pemkot Madiun Bangun Tempat-Tempat Isolasi di Sini

Minggu, 25 Juli 2021 – 09:05 WIB
Tekan BOR, Pemkot Madiun Bangun Tempat-Tempat Isolasi di Sini - JPNN.com Jatim
Wali Kota Madiun Maidi bersama Forkopimda setempat meresmikan RSL Asrama Haji di Madiun, Sabtu (24/7/2021) guna penanganan COVID-19 di wilayahnya yang lebih maksimal. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

jatim.jpnn.com, MADIUN - Wali Kota Madiun Maidi meresmikan Rumah Sakit Lapangan (RSL) Asrama Haji di Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo pada Sabtu (24/7).

Seusai diresmikan, RS tersebut langsung beroperasi dan siap menampung pasien COVID-19 yang saat ini menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah bila sewaktu-waktu mereka membutuhkan perawatan lebih lanjut.

"Tetapi kami tetap berharap para warga isoman bisa segera sembuh," kata Maidi.

RSL Asrama Haji Kota Madiun memiliki kapasitas 182 tempat tidur yang dapat difokuskan oleh pasien COVID-19 dengan gejala ringan hingga sedang.

Maidi pun meresmikan Rusunawa II Kota Madiun untuk menjadi tempat isolasi bagi para tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar COVID-19.

Rusunawa II memiliki 44 kamar yang dengan masing-masing dua tempat tidur. Jadi, total kapasitas 88 pasien.

"Hadirnya RSL Asrama Haji dan Rusunawa II tentu menambah ruang perawatan COVID-19 di Kota Madiun. Harapannya, BOR (tingkat keterisian tempat tidur) dapat ditekan," ujar dia.

Pemkot Madiun juga berencana memanfaatkan 11 gedung sekolah tingkat SD dan SMP yang berlokasi dengan enam puskesmas untuk dijadikan tempat isolasi.

Sumber Antara