Tren Vaksinasi Lantatur di Surabaya Percepat Realisasi Kekebalan Kelompok

Jumat, 23 Juli 2021 – 15:07 WIB
Tren Vaksinasi Lantatur di Surabaya Percepat Realisasi Kekebalan Kelompok - JPNN.com Jatim
Vaksinasi COVID-19 secara lantatur atau drive thru) di Universitas Surabaya (Ubaya), Kamis (22/7/2021). (ANTARA Jatim/HO-Humas Ubaya/WI)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sejumlah pihak dan instansi di Surabaya, Jawa Timur berduyun-duyun menggelar vaksinasi COVID-19 drive thru (layanan tanpa turun/lantatur).

Seperti layanan vaksinasi lantatur untuk masyarakat umum yang diselenggarakan Polres Pelabuhan Tanjung Perak bekerja sama dengan Pemkot Surabaya.

Lembaga pendidikan milik swasta pun turut menyelenggarakan layanan serupa di tempatnya untuk para anak didik maupun mahasiswanya. Sebagaimana yang dilakukan oleh Universitas Surabaya (Ubaya) dan juga SMP Kr. Gloria 1 Surabaya.

Tren tersebut direspons positif Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti. Menurut dia, penyelenggaraan vaksinasi drive thru menjadi salah satu upaya mempercepat realisasi kekebalan kelompok (herd immunity).

"Percepatan vaksinasi drive thru itu sangat membantu upaya Pemkot Surabaya," kata Reni, Jumat (23/7).

Pimpinan dewan itu memaparkan Surabaya menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki capaian vaksinasi tertinggi, yakni 48,14 persen per tanggal 19 Juli lalu.

Menurut dia, prestasi tersebut perlu ditingkatkan terlebih untuk memenuhi target vaksinasi Wali Kota Surabaya, yaitu di atas 70 persen pada September mendatang.

Untuk mengejar target itu, salah satu terobosan yang perlu diintensifkan ialah pelaksanaan vaksinasi drive thru.

Legislator mengapresiasi tren pelaksanaan vaksinasi drive thru (lantatur) di Surabaya.
Sumber Antara