Waduh, 6 Hewan Kurban di Kediri Mengidap Cacing Hati

Rabu, 21 Juli 2021 – 22:06 WIB
Waduh, 6 Hewan Kurban di Kediri Mengidap Cacing Hati  - JPNN.com Jatim
Ilustrasi- Pekerja memotong daging hewan kurban yang telah disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) Pegirian, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (31/7/2020). (Antara Jatim/Moch Asim/zk.)

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Sejumlah ternak didapati mengidap penyakit cacing hati saat disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Kediri, Jawa Timur, sehingga dibuang karena tidak layak dikonsumsi.

"Ada enam hewan kurban sakit yang organ hatinya mengandung cacing hati dan akhirnya kami dibuang," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri, Mohamad Ridwan, Rabu (21/7).

Dia mengatakan animo masyarakat memanfaatkan layanan di RPH Kediri cukup tinggi. Total 33 ekor sapi yang disembelih saat perayaan Iduladha 2021.

"Itu berkat imbauan wali kota, serta kami fasilitasi maksimal dan membebaskan retribusi pemakaian RPH," ujar dia.

Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat, Veteriner, Pengelolaan dan Pemasaran DKPP Kota Kediri Pujiono menyatakan secara mayoritas kondisi hewan ternak yang disembelih pada Iduladha 2021 gemuk dan bagus.

Namun, pihaknya juga memberikan informasi ke pihak yang membawa hewan kurban terkait dengan kondisi hewan dan organ dalamnya, termasuk hati.

Jika hatinya ada kandungan cacing, dianjurkan untuk dibuang karena bila dimasak kurang sempurna dan berpotensi menular ke manusia. (antara/mcr13/jpnn)

 
Sejumlah ternak didapati mengidap penyakit cacing hati saat disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Kediri,

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News