Lonjakan Kasus COVID-19, Kondisi Nakes Jadi Perhatian

Senin, 28 Juni 2021 – 11:12 WIB
Lonjakan Kasus COVID-19, Kondisi Nakes Jadi Perhatian - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Rektor Unair Prof. Mohammad Nasih mengkhawatirkan kondisi para nakes di RSUD dr Soetomo dan RSKI Unair yang telah dipenuhi pasien COVID-19. (ANTARA Jatim/HO-WI)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kondisi tenaga kesehatan (nakes) patut diperhatikan menyusul adanya lonjakan kasus COVID-19 yang mengakibatkan RSUD dr Soetomo dan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Unair penuh.

"Perhatian kami ialah kelelahan kawan-kawan nakes yang otomatis berpotensi menurunnya imun dan rawan terinfeksi," kata Rektor Unair Prof. Nasih, Minggu (27/6).

Menurut dia, tidaklah mudah mencari tambahan nakes sehingga beban kerja mereka perlu diberi perhatian khusus.

"Maka dari itu, kami ajak semua saling menjaga agar kasus COVID-19 kembali melandai dan meringankan kerja para nakes," ujar Nasih.

Kendati demikian, Prof. Nasih tetap optimistis para nakes dapat mengantisipasi hal tersebut, apalagi mereka telah berpengalaman pada gelombang pertama COVID-19.

Dia pun mengingatkan nakes untuk mengantisipasi penyebaran varian delta yang penularannya sangat cepat.

Dalam rangka penambahan kapasitas pasien COVID-19, RSUD dr Soetomo mengalihfungsikan area parkir setempat sebagai ruang perawatan COVID-19.

"Sedangkan untuk di RSKI Unair tidak akan menambah gedung, karena di selasar lantai tiga dan empat masih memungkinkan untuk dipakai," ucap Nasih. (antara/mcr13/jpnn)

RSUD dr Soetomo dan RSKI Unair Surabaya dipenuhi pasien COVID-19 dan kondisi kesehatan para nakes turut menjadi perhatian.
Sumber Antara