Penjualan Ikan Cupang di Kediri Bisa Menghasilkan Rp 49 Miliar Setiap Tahun Lho....

Senin, 28 Juni 2021 – 10:54 WIB
Penjualan Ikan Cupang di Kediri Bisa Menghasilkan Rp 49 Miliar Setiap Tahun Lho.... - JPNN.com Jatim
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melihat langsung ikan cupang yang diikutkan kontes di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (27/6/2021). Acara digelar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat dan tidak untuk umum. ANTARA Jatim/HO- Panitia kontes ikan cupang

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan penjualan ikan cupang di wilayahnya bisa menghasilkan Rp 49 miliar setiap tahun.

"Kediri dikenal sebagai penghasil ikan cupang terbesar di Indonesia. Dalam satu tahun ada sekitar 110 juta ikan cupang yang dihasilkan," katanya dalam acara kontes ikan cupang di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Minggu (27/6).

Mas Bup, sapaan akrabnya, menegaskan bahwa budi daya ikan cupang di Kabupaten Kediri merupakan produk perikanan andalan selain ikan lele dan koi.

Dia juga mengapresiasi kegiatan yang bertajuk "8th Kediri Betta Contest" yang diklaim menjadi kontes ikan cupang dengan hadiah terbesar di Indonesia.

"Kami upayakan para peternak ikan cupang di Kabupaten Kediri punya jenis sendiri. Genetiknya ini bisa dari wild betta, nanti kita lakukan kawin silang agar bisa menghasilkan jenis ikan dengan kualitas yang lebih bagus lagi," kata Mas Bup.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Nur Hafid mengatakan sentra budi daya ikan cupang tersebar ke sejumlah daerah di Kabupaten Kediri, seperti Kecamatan Ngadiluwih, Ngasem, Gurah, dan Kandat.

Menurutnya, dengan produksi ikan cupang ditambah dengan kegiatan kontes skala internasional di Kediri bisa lebih meningkatkan nilai pasar.

"Kami angkat supaya ikan cupang ada nilai ekonominya. Ikan cupang termasuk ikan hias, sehingga pembudi daya harus mengetahui bagaimana permintaan model ikan," kata dia. (mcr6/antara/jpnn)

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan penjualan ikan cupang di wilayahnya bisa menghasilkan Rp 49 miliar setiap tahun.

Redaktur & Reporter : Angga Setiawan

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News