Ledakan Pabrik di Gresik, AK2K3 Jawa Timur: Cari Penyebabnya

Rabu, 09 Juni 2021 – 23:45 WIB
Ledakan Pabrik di Gresik, AK2K3 Jawa Timur: Cari Penyebabnya - JPNN.com Jatim
Pengurus Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (A2K3) Jawa Timur, Edi Priyanto menanggapi insiden ledakan pabrik di Gresik. Foto: Antara Jatim/Abdul Malik Ibrahim

jatim.jpnn.com, GRESIK - Pengurus Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (A2K3) Jawa Timur Edi Priyanto prihatin dan berduka cita atas insiden ledakan pabrik di Gresik yang menewaskan lima pekerja setempat.

Dia pun mendorong pihak internal perusahaan dan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Gresik mencari penyebab terjadinya ledakan pabrik itu.

"Perlu dilakukan penyelidikan kecelakaan kerja, termasuk penyebab kejadian untuk perbaikan," kata Edi, Rabu (9/6).

Menurut dia, dalam rumus K3, diketahuinya penyebab dari kecelakaan kerja bisa dijadikan pembelajaran bagi perusahaan bersangkutan maupun yang lain, sehingga kejadian serupa tidak sampai terulang lagi.

Polisi juga terus mengusut ledakan yang terjadi di PT Citra Adi Sarana (CAS) Indonesia, Jalan Darmo Sugondo, Kecamatan Kebomas, Gresik, Jawa Timur.

"Untuk saat ini, baru enam saksi yang kami periksa. Selanjutnya, masih dilakukan penyelidikan dan pemeriksaan Labfor Polda Jatim," kata Arief Fitrianto, Rabu (9/6).

Adapun, lima pekerja pabrik setempat yang meninggal dunia, antara lain, Muhammad Burhanudin Al Ansori (22) dan Ibnu Attoilah (21).

Kedua korban tersebut berasal dari Kabupaten Trenggalek dan saat ini ditempatkan di kamar jenazah RS Semen Gresik.

Perusahaan bersangkutan maupun disnaker setempat diminta ikut mencari tahu penyebab ledakan pabrik di kawasan industri Gresik.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News