BMKG Buka Sekolah Lapangan Gempa bagi Warga Malang

Rabu, 09 Juni 2021 – 16:20 WIB
BMKG Buka Sekolah Lapangan Gempa bagi Warga Malang - JPNN.com Jatim
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati (kanan), pada saat menyampaikan pengarahan saat membuka Sekolah Lapang Gempa, di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (8/6/2021). (ANTARA/Vicki Febrianto)

jatim.jpnn.com, MALANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyelenggarakan Sekolah Lapang Gempa untuk warga Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Program tersebut merupakan upaya dari meningkatkan edukasi kepada masyarakat terkait bencana gempa bumi, termasuk tsunami.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa program Sekolah Lapang Gempa Bumi merupakan program rutin yang disiapkan BMKG untuk sejumlah yang rawan dilanda bencana.

"Sekolah Lapang Gempa Bumi ini sudah menjadi program rutin kami yang dilakukan di daerah rawan," ucap Dwikorita di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (9/6).

Dwikorita menjelaskan Sekolah Lapang Gempa bertujuan menyiapkan masyarakat agar bisa melakukan langkah evakuasi diri jika terjadi bencana.

"Sekolah Lapang Gempa Bumi ini dalam upaya untuk menyiapkan itu semua. Masyarakat juga akan diberikan simulasi, pada saat terjadi bencana," ujar Dwikorita.

Dwikorita menjelaskan saat ini memang ada kenaikan aktivitas kegempaan di wilayah Indonesia., khususnya di wilayah Jawa Timur.

Oleh karena itu, mitigasi bencana menjadi salah satu kunci untuk meminimalisasi dampak bencana.

BMKG gelar Sekolah Lapang Gempa untuk warga Kabupaten Malang, Jawa Timur, sebagai pelatihan evakuasi jika terjadi bencana alam.