Penyelenggaraan Haji 2021 Dibatalkan, Khofifah: Mohon Bersabar

Jumat, 04 Juni 2021 – 09:30 WIB
Penyelenggaraan Haji 2021 Dibatalkan, Khofifah: Mohon Bersabar - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menanggapi pembatalan haji 2021. Ilustrasi Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap umat Islam bersabar atas keputusan pemerintah membatalkan penyelenggaraan haji 2021.

"Dengan pembatalan ini, sesungguhnya Allah SWT menakdirkan tahun ini belum diizinkan untuk melaksanakan haji," ujarnya ditemui di Masjid Agung Surabaya, Jawa Timur, Kamis (3/6).

Khofifah menjelaskan ibadah haji sesungguhnya kewajiban bagi orang yang mampu.

Oleh sebab itu, Khofifah mengimbau masyarakat, khususnya warga Jawa Timur untuk lebih memprioritaskan penanganan Covid-19.

"Mohon warga Jawa Timur berharap agar Covid-19 segera hilang dan segera diberikan kesempatan Allah untuk kembali menunaikan ibadah haji," ucap Khofifah.

Khofifah tidak memungkiri bahwa pembatalan haji 2021 akan berdampak pada daftar tunggu jemaah.

Namun, Khofifah menyebut pembatalan haji tahun ini telah mempertimbangkan sejumlah faktor demi kenyamanan jemaah yang telah mendaftar.

"Saya sempat minta seorang kawan untuk daftar haji, ternyata sudah 31 tahun daftar tunggunya. Namun, persoalan yang paling mendasar adalah karena pandemi Covid-19 yang memang mengharuskan kita melindung nyawa dan jiwa, serta kesehatan masyarakat," tutur mantan Menteri Sosial tersebut. (mcr6/antara/jpnn)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap umat Islam bersabar atas keputusan pemerintah membatalkan penyelenggaraan haji 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News