BUMN ini Bakal Jadi Orang Tua Asuh 10 Komodo KBS

Selasa, 01 Juni 2021 – 16:01 WIB
BUMN ini Bakal Jadi Orang Tua Asuh 10 Komodo KBS - JPNN.com Jatim
Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pelindo III Edi Priyanto (kanan) saat melihat komodo di Kebun Binatang Surabaya, Senin (31/5). Foto: ANTARA Jatim/ Moch Asim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mengajukan diri menjadi orang tua asuh 10 satwa komodo Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pelindo III Edi Priyanto mengatakan pemilihan komodo sebagai satwa asuh tak lepas dari aspek geografis yang berkaitan dengan perusahaan.

Menurut dia, habitat asli komodo saat ini tepat berada di salah satu area kerja operasional Pelindo III, yakni Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

BUMN itu bahkan mendapat penugasan pemerintah untuk membangun pelabuhan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, yang dikenal dengan 'wisata alam komodo'.

"Kami tahu komodo hewan purba yang dilindungi. Maka dari itu sudah menjadi kewajiban kami selaku BUMN untuk ikut melestarikan keberadaan satwa tersebut," kata Edi, Senin (31/5).

Serah terima orang tua asuh satwa pun dilakukan Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, Chairul Anwar kepada Edi Priyanto.

Direktur Utama PDTS KBS Chairul Anwar menyambut baik hadirnya Pelindo III sebagai orang tua asuh satwa komodo.

"KBS terbilang cukup berhasil dalam melakukan konservasi komodo di luar habitat alamnya. Selain 10 ekor komodo dewasa yang ada di kandang pamer, masih ada 100 ekor anak komodo hasil pengembangbiakan," kata ucap Anwar. (antara/mcr13/jpnn)

Perusahaan plat merah, Pelindo III bakal menjadi orang tua asuh 10 satwa komodo KBS Surabaya.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News