Sampai 29 Mei 2021, Pemkot Surabaya Bakal Gelar Vaksinasi Bagi Lansia di Sini, Segera

Jumat, 28 Mei 2021 – 09:56 WIB
Sampai 29 Mei 2021, Pemkot Surabaya Bakal Gelar Vaksinasi Bagi Lansia di Sini, Segera - JPNN.com Jatim
Petugas puskesmas jemput bola melakukan vaksinasi ke rumah lansia di Kota Surabaya. FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2021, Pemkot Surabaya menggelar kegiatan Gebyar Vaksin Lansia (GVL) guna memendorong peningkatan cakupan vaksinasi COVID-19 untuk lansia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya Febria Rachmanita mengatakan kegiatan GVL itu dilangsungkan serentak di seluruh fasilitas kesehatan (fakses) Kota Pahlawan selam 17-29 Mei 2021.

Dengan begitu, para lansia dapat memilih lokasi vaksinasi terdekat dari rumahnya mulai dari puskesmas, rumah sakit, balai RW, kantor kelurahan dan kecamatan, mal, maupun tempat lain yang telah ditentukan pemerintah kota.

"Kami juga akan jemput bola dengan mendatangi rumah warga," kata Febria, Jumat (28/5).

Dinkes Surabaya pun melakukan pemeriksaan kesehatan bagi lansia sesuai dengan standar pelayanan minimal.

Pemeriksaan tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi warga yang ber-KTP Surabaya saja, melainkan juga warga non-Surabaya.

Bagi warga non-Surabaya syaratnya membawa surat keterangan domisili.

"Surat domisili bisa meminta ke RW-nya. Kemudian setelah mengantongi keterangan tersebut bisa langsung ke puskesmas," ujar dia.

Febria memerinci per 26 Mei 2021 jumlah lansia yang telah disuntik vaksin COVID-19 sebanyak 389.789 orang.

Dia berharap ke depan bagi yang belum melakukukan vaksinasi terutama lansia tidak perlu khawatir. Sebab, tindakan itu dilakukan semata agar masyarakat memiliki kekebalan dan antibodi.

Pemkot menggelar kegiatan khusus memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2021 dengan menggelar GVL dan memperbanyak titik vaksinasi bagi lansia.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News