Sudah Dapat Izin BPOM, Vaksin Merah Putih Diuji Klinik Februari Mendatang

Senin, 31 Januari 2022 – 18:25 WIB
Sudah Dapat Izin BPOM, Vaksin Merah Putih Diuji Klinik Februari Mendatang - JPNN.com Jatim
Vaksin Merah Putih akan diuji klinis 9 Februari 2022. Foto: Humas Pemprov Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan izin Vaksin Merah Putih. Rencananya, vaksin besutan Universitas Airlangga (Unair) itu akan memasuki uji klinik tahap pertama pada 9 Februari 2022.

Uji klinik tersebut akan menyuntikkan vaksin kepada 90 sukarelawan berusia minimal 18 tahun di RSU dr Soetomo Surabaya. Mereka sebelumnya juga dipastikan belum mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 dosis satu dan dua 

"Semoga semua berjalan lancar, tidak ada kendala berarti dalam pengembangan vaksin karya anak bangsa ini," ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Senin (31/1).

Perempuan yang juga Ketua Ikatan Alumni Airlangga (IKA) Unair itu berharap Vaksin Merah Putih bisa membantu penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya Jatim.

Pasalnya, berdasarkan update situasi dari WHO, ditemukan adanya lonjakan kasus mencapai lebih dari 80 persen yang disebabkan varian Omicron.

Varian Omicron juga menunjukkan sekitar lima kali lebih tinggi risiko terinfeksi kembali bila dibandingkan varian Delta. 

Pemberian vaksin booster di negara-negara maju terbukti efektif mengurangi angka rawat inap di rumah sakit sebesar 89 persen.

"Oleh karena itu, kami sangat berharap Vaksin Merah Putih bisa menjadi kandidat vaccine booster di Indonesia," kata dia.

Setelah mendapatkan izin dari BPOM, Vaksin Merah Putih besutan Unair akan diuji klinik pada Februari 2022
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News