Wawali Armuji Nilai Pemindahan Ibu Kota Punya Dampak Positif Bagi Surabaya

Selasa, 25 Januari 2022 – 08:26 WIB
Wawali Armuji Nilai Pemindahan Ibu Kota Punya Dampak Positif Bagi Surabaya - JPNN.com Jatim
Wakil Wali Kota Surabaya Armuji. (Foto: Diskominfo Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dinilai memberikan dampak positif bagi Surabaya.

“Apabila dilihat dari latar belakang historis Kota Surabaya punya letak wilayah yang strategis dan menjadi pintu masuk bagi wilayah bagian timur Indonesia,” kata Wawali Armuji, Senin (24/1). 

Dia menyebut dengan adanya pemindahan ibu kota, Surabaya bakal menjadi pusat perdagangan dan jasa. 

“Apalagi, letak Surabaya yang sangat strategis dan didukung infrastruktur yang kuat," ujar Armuji.

Politisi PDI perjuangan tersebut menjelaskan infrastruktur jalan yang terkoneksi dengan tol juga memberikan dukungan dan suplai keluar masuk barang.

"Sehingga menjamin distribusi barang berjalan lancar," terangnya.

Lagi pula, lanjut Armuji, pada 2019, Surabaya menduduki peringkat 45 dalam hal kapasitas dan posisi 100 dalam kategori pelabuhan di dunia dengan jumlah produksi bongkar muat terbanyak versi Lloyd's List. 

Selain itu, pada bidang akomodasi penginapan, Surabaya menempati urutan ketiga dalam skala provinsi di bawah Pasuruan dan Batu. 

Wawali Armuji menilai pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur akan membawa dampak positif bagi Surabaya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News