Sudah Ditimpa Banjir dan Longsor, Probolinggo Juga Diterjang Angin Puting Beliung, Lihat Dampaknya

Rabu, 19 Januari 2022 – 02:32 WIB
Sudah Ditimpa Banjir dan Longsor, Probolinggo Juga Diterjang Angin Puting Beliung, Lihat Dampaknya - JPNN.com Jatim
Dampak banjir dan longsor di Desa Gunggungan Kidul, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, Selasa (18/1/2022). (FOTO ANTARA/HO-BPBD Probolinggo)

jatim.jpnn.com, PROBOLINGGO - Bencana banjir dan longsor yang menimpa Desa Gunggungan Kidul, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo pada Senin (17/1) malam lalu mengakibatkan seorang warga meninggal dunia.

"Pagi ini, korban bencana bernama Sunijar (60) ditemukan di Dusun Gunungmalang sudah dalam kondisi meninggal dunia," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Sugeng Suprisayoga, Selasa (18/1).

Semula ada dua korban yang dilaporkan hilang saat kejadian bencana banjir dan longsor di Desa Gunggungan Kidul. Namun, satu korban sudah ditemukan dalam kondisi selamat. Sedangkan, Sunijar didapati kemudian sudah meninggal.

Hujan deras yang mengguyur Probolinggo selama beberapa jam menyebabkan debit air sungai cukup deras sehingga menyebabkan dua jembatan penghubung antardusun terputus.

"Dua jembatan terputus dan satu warung rusak berat akibat banjir di Dusun Pancor dan Dawuhan, Desa Gunggungan Kidul sehingga akses untuk kedua dusun tersebut tidak bisa," ujarnya.

Selain itu, areal persawahan rusak diterjang banjir dan tiang listrik PLN roboh. Hingga kini, pendataan masih terus dilakukan.

"BPBD Probolinggo masih melakukan pendataan lanjutan terhadap warga yang terdampak banjir dan longsor di Desa Gunggungan Kidul sebab sementara data yang diterima awal masih belum lengkap," tuturnya.

Selain banjir dan tanah longsor, angin puting beliung juga melanda Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo yang menyebabkan puluhan rumah warga rusak.

Berbagai bencana menimpa kawasan Kabupaten Probolinggo pada Senin (17/1) malam lalu, dimulai dari banjir, longsor, hingga angin puting beliung.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News