Konjen Jepang Optimistis Iklim Investasi di Surabaya Segera Pulih

Jumat, 14 Januari 2022 – 12:44 WIB
Konjen Jepang Optimistis Iklim Investasi di Surabaya Segera Pulih - JPNN.com Jatim
Konjen Jepang berkunjung ke optimistis iklim investasi di Surabaya segera pulih. Foto: Dok. PT SIER

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Surabaya, Takeyama Kenichi mengaku optimistis iklim investasi di Indonesia, khususnya Jawa Timur akan segera pulih.

Menurutnya, pandemi Covid-19 sangat menghambat mobilitas orang, khususnya antarnegara. Namun, saat ini, sinyal-sinyal pulihnya perekonomian mulai terlihat.

Sebanyak 155 perusahaan Jepang yang berinvestasi di Jatim berkembang karena ada dukungan sumber daya alam, pekerja, infrastruktur, dan iklim investasi yang baik.

“Surabaya nyaman. Banyak pengusaha Jepang memilih tinggal lebih dari 20 tahun. Masyarakatnya terbuka dan itu baik untuk keberagaman kultur kota industri,” lanjutnya.

Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono menyebut akan ada rancangan peraturan daerah (perda) untuk pengaturan pekerja asing yang dibahas. 

Oleh karena itu, dia meminta banyak masukan dari Konjen Jepang dan staf, apa saja yang nanti bisa menjadi landasan hukum bagi kemudahan investasi Jepang di Jatim, khususnya Surabaya.

“Masukan-masukannya kami bahas agar raperda pekerja asing bisa menjadi pemantik iklim investasi yang lebih pesat di Surabaya,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Operasi PT SIER Didik Prasetiyono mengatakan banyak investor dari Jepang yang berinvestasi di kawasan industrinya, khususnya di PIER Pasuruan.

Sinyal pulihnya perekonomian di Surabaya mulai terlihat. Konjen Jepang optimistis iklim investasi Kota Pahlawan bisa segera pulih.