Bangkitkan Ekonomi Lingkungan Sekolah, SMA Muhammadiyah X Surabaya Latih UMKM

Selasa, 21 Desember 2021 – 02:26 WIB
Bangkitkan Ekonomi Lingkungan Sekolah, SMA Muhammadiyah X Surabaya Latih UMKM - JPNN.com Jatim
Siswa SMA Muhammadiyah X Surabaya saat memberi pelatihan kepada pedagang sekitar lingkungan sekolah, Senin (20/12). Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengurus Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM) masa jabatan 2021/2022 dilantik pada Senin (20/12).

Dalam setahun, mereka memiliki program kerja yang berfokus pada kebangkitan ekonomi masyarakat di sekitar sekolah.

Kepala SMA Muhammadiyah X (SMAMX), Sudarusman mengatakan salah satu program kerja yang dimaksud, yakni dengan memberdayakan kantin warga. Nantinya, mereka akan diberikan dana dan dibina.

“Kami mengajak kembali masyarakat yang punya UMKM mengembangkan usahanya, baik produk konvensional maupun kekinian,” kata Sudarusman.

Nah, agar pedagang itu bisa mengembangkan usahanya, komunitas barista dari SMAMX Surabaya membagikan tips menjaga kualitas pembuatan kopi dan cara pengemasannya.

“Kami berikan pelatihan sekaligus edukasi kepada kedua belah pihak. Para siswa juga bisa menyadari upaya pemberdayaan UMKM di lingkungan sekolah,” jelasnya.

Dia berharap kepengurusan IPM tahun ini, mulai dari aspek literasi spiritual, humanis, dan sosial, dapat terbentuk. Hal itu disebabkan tahun lalu sudah fokus dalam digitalisasi yang berhubungan dengan literasi digital dan data.

“Harapan kami, kompetensi siswa bertambah dan berjalan beriringan dengan sisi teknologi dan humanis,” ujarnya.

SMA Muhammadiyah memiliki program dalam rangka membangkitkan ekonomi dengan menggandeng pedagang sekitar sekolah
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News