Istri Bupati dan Wali Kota se-Jatim Punya Jabatan Baru, Bunda Genre, Maksudnya?

Senin, 20 Desember 2021 – 13:44 WIB
Istri Bupati dan Wali Kota se-Jatim Punya Jabatan Baru, Bunda Genre, Maksudnya? - JPNN.com Jatim
Potret Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo saat hadir dalam pengukuhan Bunda Genre di Surabaya, Jawa Timur, Senin (20/12/2021). (ANTARA/HO-BKKBN)

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo menetapkan istri wali kota dan bupati se- Jawa Timur sebagai Bunda Genre (Generasi Berencana) dan Duta Stunting.

Dia menjelaskan Bunda Genre berperan mengawal remaja di daerah masing-masing yang akan menjadi orang tua, pasangan usia subur, dan calon ibu untuk bisa melahirkan anak berkualitas guna mewujudkan Indonesia emas bebas stunting.

Hasto menerangkan para istri wali kota dan bupati itu menjadi sosok “ibu” bagi para remaja dalam memberikan contoh pengasuhan dan pendampingan tumbuh kembang anak.

Bunda Genre juga mempunyai andil penting dalam mendukung upaya pendewasaan usia perkawinan.

“Peran tersebut sangat penting dalam upaya percepatan penurunan stunting,” kata dia tertulis, Senin (20/12)..

Deputi Bidang KSPK BKKBN, Nopian Andusti memaparkan program Generasi Berencana yang diusung pihaknya sejak 2000-an itu bertujuan untuk mempersiapkan remaja sebagai pasangan usia subur sehingga memiliki perencanaan dan mempersiapkan diri dalam membangun keluarga.

“Pendewasaan usia perkawinan sangat relevan dengan pencegahan stunting dari hulu. Sebab, usia saat menikah dan hamil menjadi salah satu faktor risiko yang dapat melahirkan anak stunting,” ujar dia.

Menurut dia, makin muda usia ibu saat hamil, mereka kian berpotensi dalam melahirkan anak stunting.

Para istri bupati dan wali kota se-Jatim dikukuhkan menjadi Bunda Genre yang berperan dalam hal penurunan stunting di provinsi setempat.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News