Ternyata ini Penyebab Pencarian Korban Hilang Erupsi Gunung Semeru Terkendala

Rabu, 08 Desember 2021 – 07:59 WIB
Ternyata ini Penyebab Pencarian Korban Hilang Erupsi Gunung Semeru Terkendala - JPNN.com Jatim
Tim SAR gabungan menggali material guguran awan panas Gunung Semeru saat pencarian korban yang tertimbun material tersebut di Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Pencarian korban hilang erupsi Gunung Semeru mengalami hambatan. Salah satunya, dikarenakan kondisi tanah yang masih panas.

"Tanahnya masih dalam kondisi panas. Jadi, alat berat pun tidak berarti untuk pencarian," kata Komandan Posko Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru, Kolonel Inf, Irwan Subekti, Selasa (7/12).

Dia juga mengatakan pihaknya akan memfokuskan pencarian di Kampung Renteng dan Curah Kobokan yang merupakan daerah terdampak paling parah erupsi Gunung Semeru.

Iwan menjelaskan hingga saat ini, semua daerah terdampak dapat dijangkau, tetapi karena cakupan luas guguran Gunung Semeru melebar dan pasirnya panas, tindakan pencarian dan penyelamatan masih dilakukan secara terbatas.

Langkah pencarian korban ke depan masih dilakukan secara manual dengan penciuman dan penglihatan, alat berat, maupun dilakukan bersama warga di lokasi pencarian.

"Pencarian sudah sampai hari keempat. Kami diberikan waktu satu minggu untuk pencarian secara optimal," ujar Irwan.

Waktu pencarian dilakukan pada pagi hingga sore hari dengan memperhatikan situasi cuaca di Lumajang. Hal itu dikarenakan saat ini, setiap sore turun hujan sehingga berpengaruh pada proses pencarian.

Dia mengatakan situasi lereng Gunung Semeru masih ada peningkatan tanda-tanda letusan yang perlu kewaspadaan tinggi.

Pencarian korban hilang akibat erupsi Gunung Semeru yang hingga kini terus dilakukan terkendala masalah berikut.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News