Setiap Bulan, Remaja Tulungagung Ada yang Terpapar HIV AIDS Gegara Begituan

Kamis, 02 Desember 2021 – 12:42 WIB
Setiap Bulan, Remaja Tulungagung Ada yang Terpapar HIV AIDS Gegara Begituan - JPNN.com Jatim
Aktivis membagikan selebaran berisi imbauan tentang bahaya Aids kepada pengendara yang melintas di jalan raya Kota Tulungagung, Rabu (1/12/2021). (ANTARA/Destyan Sujarwoko)

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Tulungagung mengumumkan fakta memilukan terkait dengan dampak buruk perilaku para remaja di kabupaten setempat.

Mereka menemukan kasus HIV/AIDS di Tulungagung saat ini sudah menginfeksi sejumlah remaja usia 13-24 tahun karena perilaku seksual bebas.

"Angka prevalensinya sebenarnya tidak terlalu besar, yakni di bawah 10 persen. Namun, itu patut diantisipasi dan diwaspadai," kata Sekretaris KPA Tulungagung, Ifada Nur Rohmania, Rabu (1/12).

Menyedihkannya lagi, tren itu bahkan ditemukan hampir setiap bulan.

Dalam satu hari, KPA bahkan pernah mengidentifikasi lima remaja yang positif HIV/AIDS melalui satu metode pemeriksaan di klinik VCT (voluntary counseling and testing).

Setelah dilakukan konseling secara mendalam, diketahui para remaja pengidap HIV/AIDS itu rata-rata telah melakukan hubungan suami istri secara bebas.

Ada yang sampai mengaku beberapa kali gonta-ganti pasangan.

"Rentang usia termuda dari 13 tahun sampai 24. Persentase mereka di bawah 10 persen," ujar Ifada

Memilukan, setiap bulan ada kasus baru HIV AIDS dari kalangan remaja gegara kebiasan mereka begituan secara bebas.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News