Kuota Sudah Penuh, Pendaftaran Salat Id di Masjid Agung Surabaya Ditutup

Jumat, 07 Mei 2021 – 11:15 WIB
Kuota Sudah Penuh, Pendaftaran Salat Id di Masjid Agung Surabaya Ditutup - JPNN.com Jatim
Kepala Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) Helmy M. Noor saat menunjukkan kartu tanda jamaah Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H di Surabaya, Kamis (6/5/2021) malam. (ANTARA/Fiqih Arfani)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pendaftaran jemaah yang ingin melaksanakan salat Idulfitri di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya telah ditutup.

Total sebanyak 6.000 jemaah yang ikut berpartisipasi dalam salat Id di Masjid Agung Surabaya.

Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya Helmy M. Noor mengatakan jumlah tersebut menang terbilang sedikit.

Namun, hal itu dilakukan dalam rangka mematuhi imbauan pemerintah soal larangan berkerumun demi menekan penyebaran Covid-19.

"Kuota Salat Id tahun ini memang hanya 6.000 orang atau 15 persen dari jumlah kapasitas jamaah yang jumlahnya 40 ribu orang," ujar Helmy, Jumat (7/5).

Helmy mengatakan bagi jemaah yang telah mendaftar diminta ke Masjid untuk mengambil kartu tanda masuk dan wajib dibawa saat acara salat Id.

"Mohon maaf bagi para jamaah yang tak memiliki kartu tidak diperkenankan mengikuti salat Idulfitri di Masjid Agung Surabaya," ucap Helmy.

Sebagai bentuk pengetatan protokol kesehatan, pengurus Masjid Agung Surabaya memberlakukan aturan, seperti wajib bermasker, wajib mencuci tangan, jaga jarak, dan tak berkerumun.

Jemaah wanita nantinya masuk area masjid melalui pintu utara, sedangkan jemaah pria masuk melalui pintu selatan. Tapi, jemaah wanita dan pria bisa juga lewat pintu timur.

Sebanyak 6.000 jemaah telah terpilih untuk dapat melaksanakan salat Id bersama di Masjid Agung Surabaya.