Telaga Sarangan Sepi Pengunjung Selama Larangan Mudik Lebaran

Sabtu, 15 Mei 2021 – 15:00 WIB
Telaga Sarangan Sepi Pengunjung Selama Larangan Mudik Lebaran - JPNN.com Jatim
Sejumlah pelaku usaha sedang menunggu wisatawan di Telaga Sarangan Magetan, Jumat (14/5/2021). Tempat wisata Telaga Sarangan Magetan sepi pengunjung karena imbas larangan mudik pada libur Lebaran tahun 2021. (ANTARA/Louis Rika)

jatim.jpnn.com, MAGETAN - Tempat wisata Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur, sepi pengunjung saat libur Lebaran menyusul kebijakan larangan mudik guna mencegah lonjakan penularan Covid-19.

"Jumlah kunjungan ke Telaga Sarangan hanya sebanyak 1.126 orang berdasarkan data dari pihak pengelola pada 14 April lalu," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan Joko Trihono, Sabtu (15/5).

Jumlah tersebut cuma 10 persen dari kapasitas maksimal Telaga Sarangan yang ditetapkan Pemkab Magetan sebanyak 10 ribu wisatawan.

Berbeda lagi saat memasuki libur panjang hari besar, jumlah pengunjung di Telaga Sarangan bisa membludak hingga 20 ribu orang.

"Jadi ini menurun drastis ya. Hal itu seiring dengan kebijakan larangan mudik yang ditetapkan pemerintah mulai tanggal 6 Mei hingga 17 Mei mendatang," kata Joko.

Pengelola Telaga Sarangan mengaku masih optimistis jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sarangan akan meningkat di sisa libur Lebaran pada Empat hari ke depan.

Baca Juga:

"Kami memprediksi puncak kunjungan akan terjadi pada hari Minggu," ucapnya.

Joko menambahkan Pemkab Magetan telah mengambil kebijakan untuk tetap membuka tempat-tempat wisata pada libur Lebaran 2021 guna mendongkrak kegiatan ekonomi warga.

Tempat wisata Telaga Sarangan di Magetan sepi pengunjung saat libur Lebaran menyusul kebijakan larangan mudik guna mencegah lonjakan penularan Covid-19.