Survei Pilkada Jember, Gus Fawait Punya Elektabilitas Tertinggi

Rabu, 01 Mei 2024 – 10:45 WIB
Survei Pilkada Jember, Gus Fawait Punya Elektabilitas Tertinggi - JPNN.com Jatim
Direktur ARCI Baihaki Sirajt membeberkan elektabilitas nama-nama yang kuat untuk mencalonkan bupati dan wakil bupati Jember. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, JEMBER - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil elektabilitas nama-nama yang dikenal jika maju Pilkada Kabupaten Jember. Ada tiga nama teratas yang muncul, yakni Muhammad Fawait, Hendy Siswanto, dan Faida.

Hendy dan Faida sangat dikenal masyarakat Jember. Namun, tingkat kesuksesan untuk keduanya berbeda. Hendy kurang dari 50 persen, sedangkan Faida lebih dari 50 persen.

Adapun elektabilitas tertinggi diraih Muhammad Fawait meskipun selisihnya dengan Hendy tak terlalu jauh.

"Secara popularitas, Hendy Siswanto dan Faida sangat dikenal masyarakat Jember, bahkan melebihi 98 persen mengenal mereka. Namun, dalam tingkat kesukaan Hendy kurang dari 50 persen," ujar Direktur ARCI Baihaki Sirajt, Selasa (30/4).

Dia membeberkan dari tiga tokoh tersebut, tren kenaikan elektabilitas pada Agustus 2023 tertinggi masih Hendy Siswanto, tetapi pada Januari-April 2024 Muhammad Fawait mengalami kenaikan signifikan, terutama dari pemilih perempuan.

Untuk calon wakil bupati, pemilih masih didominasi Gus Firjaun dan KH Muqid.

"Harapan masyarakat Jember menginginkan bupati dan wakil bupati nanti lebih peduli kepada masyarakat dan masyarakat juga pengin pemimpin bersih dari korupsi serta religius," katanya.

Baihaki menjelaskan survei tersebut dilakukan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan 1.000 responden dan margin of error kurang lebih tiga persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Tiga nama berikut memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon bupati Jember versi ARCI.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News