Survei ARCI, PKB dan PDIP di Jatim Terancam Disalip Partai Ini

Sabtu, 10 Februari 2024 – 22:02 WIB
Survei ARCI, PKB dan PDIP di Jatim Terancam Disalip Partai Ini - JPNN.com Jatim
Direktur ARCI Baihaki Sirajt menunjukkan hasil survei elektabilitas partai politik di Jatim, Sabtu (10/2). Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABA - PKB dan PDIP di Jatim terancam disalip dua partai dari hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI).

Direktur ARCI Baihaki Sirajt mengatakan dua partai adalah Gerindra dan Golkar. Keduanya berpotensi menggeser posisi PKB dan PDIP, jika lengah di menit akhir.

“Selisih antara empat partai teratas di Jatim sangat tipis, jika lengkah di hari-hari akhir pemilu bisa ada kejutan besar dua kekuatan partai dikalahkan Gerindra atau Golkar,” ujar Baihaki, Sabtu (10/2).

Dia membeberkan elektabilitas PKB di angka 17,7 persen dan berada di peringkat teratas, disusul PDIP 16,1 persen. Kemudian Gerindra di posisi ketiga 15,8 persen dan Golkar 14,7 persen.

Menurutnya, tren PKB di Jatim cenderung naik, tetapi angkanya sangat kecil, sedangkan PDIP justru menurun.

"PKB stagnan agak naik sedikit. Berbanding terbalik dengan PDIP yang justru perlahan turun sedikit demi sedikit," katanya.

Baihaki mengatakan Gerindra meraih coattail effect dari majunya Prabowo Subianto, sedangkan Golkar naik berkat elektoral Gibran dan kerja keras kader partai berlambang beringin itu.

“Temuan kami ada limpahan suara PDIP ke Golkar di Jawa Timur karena faktor Gibran Rakabuming Raka yang notabene putra Jokowi," bebernya.

ARCI merilis hasil survei elektabilitas partai politik di Jatim, Gerindra dan Golkar disebut berpotensi menyalip PKB dan PDIP.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News