Janji Prabowo Soal Konflik di Papua: Pendekatan Secara Halus

Jumat, 24 November 2023 – 21:20 WIB
Janji Prabowo Soal Konflik di Papua: Pendekatan Secara Halus  - JPNN.com Jatim
Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto mengomentari penanganan konflik yang terus terjadi di Papua.  

Dalam Dialog Terbuka Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), Jumat (24/11), Prabowo menilai pihak berwajib di Papua sudah menghadapi para separatis dengan berbagai cara.

Sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang justru meninggal saat menjalankan tugas.

“Para pemberontak, separatis, membunuh rakyat yang tidak berdosa dan tidak bersenjata. Banyak aparat yang mengalah sehingga korban terus berjatuhan,” ujar Prabowo.

Oleh karena itu, jika terpilih menjadi presiden, Prabowo akan menyelesaikan konflik dengan menggunakan pendekatan hukum yang damai. 

“Tentunya ingin dilakukan secara soft (halus). Kalau sekarang pendekatan dengan penyelesaian politik yang damai," ucapnya.

Di sisi lain, pria yang juga menjabat sebagai Menhan tersebut juga bakal mengusulkan untuk berdiskusi kepada sejumlah kelompok di Papua. 

"Kalau perlu diberikan amnesti, silakan tutup buku. Tanggalkan senjatamu kembali ke masyarakat,” ucapnya.

Janji Prabowo jika terpilih Presiden 2024 bakal tangani konflik Papua dengan pendekatan hukum yang damai.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News