Pengamat Sebut Merapatnya Golkar & PAN ke Prabowo Bisa Merugikan Partai

Senin, 14 Agustus 2023 – 15:47 WIB
Pengamat Sebut Merapatnya Golkar & PAN ke Prabowo Bisa Merugikan Partai - JPNN.com Jatim
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau panen raya padi dan berdialog dengan petani di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3). Foto: Biro Sekratariat Kepresidenan.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dukungan Partai Golkar dan PAN kepada Ketum Gerindra Prabowo Subianto sebagai bacapres mendapat respons dari pengamat sebagai fenomena yang menarik.

Menurut pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) Andri Arianto, efek ekor jas akan dinikmati Gerindra sepenuhnya lantaran ketua umum partai lain mendukung Prabowo. Namun, akan merugikan partai Golkar dan PAN.

"Kenapa merugikan? Karena ketua umum dan seluruh kader partai mengkampanyekan ketua umum partai kompetitornya. Jelas ini merugikan bagi Golkar dan PAN serta coat-tail effect sangat menguntungkan Gerindra di Pileg 2024," ujar Andri tertulis, Senin (14/8).

Prabowo maju sebagai capres posisinya ketua umum partai. Apabila ketua umum dari partai lain seperti Golkar, PAN, PKB, dan PBB menyatakan dukungan maka sama saja akan mengkampanyekan Gerindra.

"Berbeda kalau mendukung Ganjar atau Anies, mereka posisinya bukan ketua partai. Jadi, nuansa kompetitor di pileg lebih aman dan tidak ada yang paling diuntungkan dan dirugikan krena sama-sama jalan, ini karena Pilpres bersamaan dengan Pileg," katanya.

Dengan kondisi itu, mesin politik koalisi pendukung Prabowo terancam tak bisa berjalan secara maksimal.

"Pasti akan muncul rasa risih dan prasangka, 'kenapa saya mengkampanyekan ketua umum partai lain?'," ucapnya.

Dia mencontohkan, dari hasil yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC) pada 9 Agustus 2023, pendukung Golkar dan PKB lebih banyak memilih Ganjar ketimbang Prabowo.

Pengamat politik Uinsa Andri Arianto nilai merapatnya Golkar dan PAN ke Prabowo bisa merugikan kedua partai.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News