Suko Widodo: Sistem Proporsional Terbuka Berikan Hak Penuh Kepada Rakyat

Rabu, 11 Januari 2023 – 15:03 WIB
Suko Widodo: Sistem Proporsional Terbuka Berikan Hak Penuh Kepada Rakyat - JPNN.com Jatim
Pengamat komunikasi politik Universitas Airlangga Surabaya Dr. Suko Widodo. Foto: Dok. Pribadi Suko Widodo.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengamat Komunikasi Politik Unair Dr Suko Widodo merespons wacana sistem pemilu proporsional terbuka dan tertutup yang belakangan ini ramai diperbincangkan.

Dia menilai pemilu dengan sistem proporsional terbuka akan memberikan hak penuh kepada rakyat dalam memilih wakilnya di parlemen.

"Dengan sistem ini, rakyat memiliki hak penuh dalam memilih orang yang akan mewakilinya," kata Suko, Selasa (10/1).

Menurut dia, sistem pemilu yang menempatkan partai politik dapat mengajukan calon anggota legislatif dari dafrat calon yang tak dibatasi.

"Dalam sistem ini, pemilih dapat memilih calon anggota legislatif yang diusulkan oleh partai politik yang diinginkan, bukan hanya calon yang ditentukan oleh partai tersebut," ujarnya.

Nah, untuk sistem pemilu proporsional tertutup membuat pemilih hanya dapat memilih partai politik, bukan caleg individu.

"Partai yang memperoleh suara terbanyak akan mendapatkan kursi di parlemen sesuai perhitungan yang ditentukan. Caleg yang duduk di parlemen ditentukan partai itu sendiri melalui mekanisme yang disebut daftar hitam atau daftar terbuka," tuturnya.

Dengan sistem proporsional terbuka, kata Suko, terdapat kelebihan, yaitu memungkinkan pemilih memilih calon yang diusulkan partai politik yang diinginkan sehingga dapat menentukan siapa yang akan mewakili mereka di legislatif.

Pengamat Komunikasi Politik Unair Dr Suko Widodo menilai sistem proporsional terbuka akan memberikan hak penih kepada rakyat memilih wakilnya di parlemen.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News