Persaingan Ketat Gerindra dan PKB di Jatim, Rebut Suara Nahdliyin

Sabtu, 14 Mei 2022 – 11:11 WIB
Persaingan Ketat Gerindra dan PKB di Jatim, Rebut Suara Nahdliyin - JPNN.com Jatim
Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad perintahkan kader makin dekat dengan rakyat kecil di usia partainya yang masuk usia 14 tahun. Foto: Dok. Demokrat Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Elektabilitas Partai Gerindra bersaing ketat dengan PKB di masing-masing Dapil Jatim untuk DPR RI yang berjumlah 11.

Hal itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) di Dapil Tapal Kuda.

"Di Tapal Kuda diperkirakan akan terjadi pertarungan sengit antara Gerindra dan PKB merebut ceruk suara Nahdliyin," kata Baihaki Sirajt Direktur ARCI di Surabaya, Jumat (13/5).

Ada sejumlah faktor yang membuat Gerindra bisa bersaing dengan PKB memperebutkan suara Nahdliyin di Tapal Kuda. Salah satu faktornya karena partai berlambang garuda itu dipimpin Anwar Sadad.

"Anwar Sadad backgroundnya NU dan beliau sangat rajin turun ke bawah memperbesar jaringan Gerindra ke ponpes juga. PKB harus berhati-hati agar ceruk suaranya tidak banyak diambil parpol lain," ungkapnya.

Pertarungan sengit antara Gerindra dan PKB bakal terjadi di Dapil Jatim II, III, dan IV. Hal tersebut diperkirakan berlanjut di Dapil Jatim X hingga XI.

"Secara keseluruhan, tiga besar parpol di Jatim memang tidak jauh dari PKB, PDIP, dan Gerindra. Survei ini memotret ketiga partai bersaing ketat," jelas Baihaki.

Survei yang dilakukan ARCI pada 11 April-25 April 2022 diambil di 38 kabupaten/kota Jatim menggunakan metode multistage random sampling.

Hasil survei dari ARCI menyebut bahwa Partai Gerindra bersaing ketat dengan PKB merebut suara nahdliyin di Tapal Kuda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News