Persik Didenda Rp150 Juta Buntut Kericuhan Saat Laga Vs PSM Makassar

Selasa, 09 Januari 2024 – 14:40 WIB
Persik Didenda Rp150 Juta Buntut Kericuhan Saat Laga Vs PSM Makassar - JPNN.com Jatim
Petugas mengamankan wasit dari lemparan suporter saat pertandingan Persik Kediri melawan PSM Makassar pada kompetisi Liga 1 di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (18/12/2023). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Persik dijatuhi sanksi Rp120 juta buntut insiden pada laga melawan PSM Makassar yang diwarnai kontroversi pada 18 Desember 2023 di Stadion Brawijaya, Kediri.

Hukuman tersebut termuat dalam hasil sidang Komisi Disiplin PSSI pada 3 dan 4 Januari 2023 yang dirilis Senin (8/1) malam.

"Itu PR besar dan perlu kerja bersama. Kami juga mengimbau kepada seluruh penonton dan suporter Persik untuk terus mengedepankan sportivitas serta menjaga kekondusifan selama pertandingan berlangsung di Stadion Brawijaya," kata Direktur Persik Souraiya Farina, Selasa (9/1).

Dalam putusan itu, Komdis PSSI mendenda Rp20 juta karena terjadi pelemparan kemasan air mineral oleh penonton di tribune selatan dan denda Rp50 juta lantaran beberapa penonton memasuki lapangan.

Selain kepada klub, sanksi juga diberikan kepada ofisial tim, yakni Mochamad Syahid Nur Ichsan. Dia dinilai melakukan protes berlebihan dan mendorong perangkat pertandingan.

Manajer Persik Kediri tersebut mendapat sanksi skors larangan berpartisipasi dalam empat pertandingan serta denda Rp50 juta. Jadi, Persik Kediri mendapatkan sanksi keseluruhan Rp120 juta.

Sementara itu, kubu PSM Makassar juga mendapatkan sanksi. Pemain PSM M Ardiansyah dihukum larangan bermain sebanyak dua kali dan denda sebesar Rp75 juta karena melakukan lemparan balasan ke arah penonton sehingga membuat pemirsa terprovokasi.

Souraiya mengungkapkan manajemen Persik telah menerima SK tersebut dan mengambil sejumlah langkah. Manajemen juga sangat memahami bahwa panitia pelaksana (panpel) sudah berusaha semaksimal mungkin memastikan pertandingan dapat berjalan sampai selesai.

Persik dinyatakan melakukan tiga poin pelanggaran dalam pertandingan kandang melawan PSM Makassar pada medio Desember lalu.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News