Tak Hanya Ganti Nomor Telepon & Rekening, Peretas Akun Bisnis Hotel Potong Harga Kamar

Kamis, 15 Agustus 2024 – 13:08 WIB
Tak Hanya Ganti Nomor Telepon & Rekening, Peretas Akun Bisnis Hotel Potong Harga Kamar - JPNN.com Jatim
Peretas akun bisnis hotel tak hanya ubah nomor telepon dan rekening, harga kamar juga diganti. Foto: ANTARA/Shutterstock

jatim.jpnn.com, MALANG - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang Agoes Basoeki mengatakan peretas akun Google Bisnis tak hanya mengubah nomor telepon maupun nomor rekening, tetapi mengubah potongan harga kamar.

"Dia atur harga diskon ada yang sampai 80 persen potongannya harganya," kata Agoes saat dikonfirmasi, Rabu (14/8).

Peretasan itu membuat pihaknya khawatir memengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap industri perhotelan di wilayah Kota Malang.

"Ini membuat kami tidak nyaman karena diskon seperti itu bisa membuat orang tertarik melakukan transaksi, masalahnya ini tidak benar," ujarnya.

Berdasarkan data dari PHRI Kota Malang, sudah ada 34 hotel yang mengajukan laporan soal aksi peretasan oleh orang tak bertanggung jawab.

Selain potongan harga, tindakan tersebut juga menyasar pada penggantian nomor telepon hingga nomor rekening puluhan hotel tersebut.

"Sudah ada 34 hotel yang melapor, itu akun bisnis nomornya diganti pakai nomor peretas. Laporannya ramai lusa kemarin," ucapnya.

PHRI Kota Malang sudah melaporkan kejadian ini kepada para pengurus organisasi tersebut di tingkat Provinsi Jawa Timur dan pusat.

Peretas akun bisnis hotel juga mengubah potongan harga kamar dengan mengganti diskon
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News