Waspada Penjualan Oli dan Sparepart Palsu Jelang Lebaran, Teliti Perbedaannya

Selasa, 28 Maret 2023 – 22:12 WIB
Waspada Penjualan Oli dan Sparepart Palsu Jelang Lebaran, Teliti Perbedaannya - JPNN.com Jatim
Kapolres Jember AKBP Hery Kurniawan meminta masyarakat waspada terhadap peredaran oli dan sparepart palus kendaraan bermotor. Foto: Dok. Polres Jember.

jatim.jpnn.com, JEMBER - Sat Reskrim Polres Jember membongkar penjualan oli berbagai merek ternama dan sparepart motor palsu di salah satu toko penjualan Desa Sumberjambe.

Kapolres Jember AKBP Hery Kurniawan mengatakan terbongkarnya kasus tersebut setelah salah satu pemilik bengkel berinisial PD membeli bahan-bahan kebutuhan bengkel di toko tersebut.

Setelah barang-barang itu dikirim ke rumahnya, dia mencurigai kemasan beberapa oli ternama yang baru dibeli, lalu dibandingkan dengan stok oli yang ada di bengkelnya.

Setelah dicek, ternyata ada yang berbeda dari kemasan yang dibelinya dengan stok oli di bengkel milik PD.

"Saudara PD melaporkan temuan itu ke Polres Jember dan kami terjunkan tim untuk melakukan penyelidikan atas laporan masyarakat tersebut," kata Hery, Selasa (28/3).

Oli dengan merek ternama dan sparepart sepeda motor yang diduga palsu sulit terdeteksi jika tak ada yang melapor.

Selain kemasan yang mirip dengan aslinya, rasa cuek dan pasrah masyarakat terhadap bengkel saat mengganti oleh juga menjadi tidak terdeteksinya keberadaan barnag palsu tersebut.

“Sekilas, kemasan oli palsu sama persis dengan aslinya, biasanya yang membedakan adalah dari sisi tutup oli, label, dan juga model botol serta komposisi takaran,” ujarnya.

Masyarakat Jember yang hendak mengganti oli dan melakukan servis motornya diimbau berhati-hati dan teliti.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News