Calon Pemain Liga 1 Asal Nigeria Dideportasi, Alasannya Mencengangkan

Jumat, 17 Februari 2023 – 12:33 WIB
Calon Pemain Liga 1 Asal Nigeria Dideportasi, Alasannya Mencengangkan - JPNN.com Jatim
2 WN Nigeria yang salah satunya calon pemain Liga 1 dideportasi ke negara asal karena paspor palsu dan overstay. Foto: Humas Kemenkumham Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dua warga negara (WN) Nigeria yang salah satunya berprofesi sebagai pemain sepak bola yang hendak merumput di Liga 1 Indonesia dideportasi Kanwil Kemenkumham Jatim melalui Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Surabaya, Kamis (16/2).

Adapun dua WN Nigeria yang dideportasi ialah Igboeli Lawrence Chukwujekwu dan Ntumobe Paul Hapuruchukwu.

"Keduanya diterbangkan ke Nigeria melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang pada Rabu 15 Februari 2023," kata Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari tertulis, Jumat (17/2).

Kedua WNA tersebut ditangkap petugas imigrasi pada Juni dan Juli 2022 di kawasan Jakarta Barat dan Bogor. Mereka dianggap melanggar Pasal 78 ayat 3 dan Pasal 75 ayat 1 UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

"Keduanya masuk ke Indonesia menggunakan paspor Ghana yang setelah diselidiki palsu," jelasnya.

Lawrence menggunakan nama Yeboah Mensah, sedangkan Ntumobe masuk ke Indonesia menggunakan nama Asare David.

"Saat kami konfirmasi, Ntumobe merantau ke Indonesia untuk mencoba peruntungan sebagai pemain sepak bola," imbuh Kasubsi Keamanan Rudenim Surabaya Didit Karyanto.

Ntumobe beberapa kali melakukan trial di klub Liga 1 Indonesia. Akan tetapi, tak ada klub yang bersedia menerimanya. Pria kelahiran Kumasi 3 Maret 1997 itu pun menganggur.

Dua WN Nigeria yang salah satunya calon pemain Liga 1 dideportasi Rudenim Surabaya karena memiliki paspor palsu dan overstay di Indonesia.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News