Ma’ruf Amin Minta Perguruan Tinggi Cetak Generasi Unggul untuk Kebutuhan Pendidikan

Rabu, 11 September 2024 – 22:05 WIB
Ma’ruf Amin Minta Perguruan Tinggi Cetak Generasi Unggul untuk Kebutuhan Pendidikan - JPNN.com Jatim
Wakil presiden Ma’ruf Amin meminta perguruan tinggi sebagai pencetak generasi unggul masa depan agar memproyeksikan ilmu pengetahuan dan kebutuhan pendidikan yang tepat untuk lima hingga 20 tahun mendatang. Foto: Humas Unusa

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wakil presiden Ma’ruf Amin meminta perguruan tinggi sebagai pencetak generasi unggul masa depan, memproyeksikan ilmu pengetahuan dan kebutuhan pendidikan yang tepat untuk lima hingga 20 tahun mendatang.

Hal itu diungkapkan Ma’ruf saat menjadi pembicara dalam kegiatan seminar International Conference on Applied Sciences, Education, and Technology (iConASET) di Kampus B Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Rabu (11/9).

“Perguruan tinggi, sebagai penghasil riset dan penelitian yang kreatif dan inovatif, juga perlu berkolaborasi dengan pemerintah dan swasta dalam penyusunan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri sehingga melahirkan generasi berdaya saing,” kata Ma’ruf.

Dia mengatakan untuk mencetak generasi unggul di kampus harus didukung beberapa faktor. Pertama, kampus harus mengembangkan riset dan penelitian yang relevan dengan kebutuhan zaman dengan tetap menjadikan ajaran agama sebagai fondasi utama.

“Inovasi yang dihasilkan harus memenuhi tuntutan teknologi dan sosial dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai etika dan moral,” jelasnya.

Kemudian, perguruan tinggi agar membangun peluang kerja sama dengan dunia usaha dalam mengaplikasikan hasil riset, sekaligus menyiapkan lulusan dalam memasuki lapangan kerja.

“Kerja sama ini dapat membuka kesempatan bagi institusi untuk mendapatkan umpan balik langsung dari industri, yang berguna dalam menyempurnakan riset dan kurikulum,” tuturnya.

Ketiga, mengarahkan agar perguruan tinggi lebih kreatif dalam membangun sumber pendanaan dan pengembangan riset sehingga penelitian, publikasi, dan inovasi yang dihasilkan semakin terjaga kontinuitasnya.

iConASET Unusa ke-3, Ma’ruf pesan perguruan tinggi harus bisa cetak gerasi unggul
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News