PHRI Imbau Hotel Cek Berkala Akun Bisnisnya Setelah Insiden Peretasan

Jumat, 16 Agustus 2024 – 14:43 WIB
PHRI Imbau Hotel Cek Berkala Akun Bisnisnya Setelah Insiden Peretasan - JPNN.com Jatim
Peretas akun bisnis hotel tak hanya ubah nomor telepon dan rekening, harga kamar juga diganti. Foto: ANTARA/Shutterstock

jatim.jpnn.com, MALANG - Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu Sujud Hariadi memberikan imbauan bagi anggotanya agar rutin melakukan pengecekan setelah kemunculan aksi peretasan akun Google Bisnis hotel.

"Kami tidak punya jalan lain selain semua manajemen memeriksa tampilan di google bisnisnya supaya tahu ada yang mencurigakan atau tidak," kata Sujud, Kamis (15/8).

Sujud mengatakan terdapat satu hotel di Batu yang akun Google Bisnisnya dipalsukan sehingga nomor telepon hotel berubah. Namun, saat ini telah dipulihkan sehingga tidak sampai menyebabkan kerugian bagi pelanggan.

"Kami dibantu tim Google Indonesia yang memberikan petunjuk pemulihan akun. Di Batu yang kena satu hotel, tetapi sudah cepat dipulihkan," ujarnya.

Sujud menjelaskan peristiwa peretasan akun Google Bisnis milik hotel tersebut tidak langsung masuk ke Batu. Namun, terlebih dahulu muncul dari luar Jawa Timur, kemudian ke Surabaya.

PHRI Jatim selanjutnya memberikan informasi terkait kejadian itu kepada pengurus di tingkat kabupaten/kota agar waspada dan melakukan langkah antisipasi secepatnya.

"Akun google bisnis diretas dan diganti, dikasih nomor WhatsApp tertentu oleh peretasnya," ucapnya.

Sujud memastikan peretasan tersebut telah disampaikan ke PHRI Jawa Timur dan ditindaklanjuti dengan pelaporan ke kepolisian daerah di provinsi setempat.

PHRI Kota Batu mengimbau hotel mengecek secara berkala akun bisnisnya setelah insiden peretasan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News