Kandang Ayam di Tulungagung Kebakaran, 60 Ribu Ayam Terpanggang, Rugi 8 Miliar

Selasa, 23 Juli 2024 – 15:33 WIB
Kandang Ayam di Tulungagung Kebakaran, 60 Ribu Ayam Terpanggang, Rugi 8 Miliar - JPNN.com Jatim
Petugas sedang berusaha memadamkan api yang membakar kandang ayam milik Saiful Masykur di Desa Pulosari, Tulungagung, Senin (22/7/2024) (ANTARA/HO - Joko Pramono)

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Sebuah kandang ayam bertingkat berisi puluhan ekor unggas di Desa Pulosari, Kabupaten Tulungagung kebakaran pada Senin (22/7) sekitar pukul 11.30 WIB.

Kebakaran tersebut baru bisa dipadamkan sekitar pukul 14.50 WIB. Kerugiannya ditaksir mencapai miliaran rupiah.

"Kerugian total sekitar Rp8 miliar," kata Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Tulungagung Artista Nindya.

Artista menjelaskan kebakaran kandang ayam milik pengusaha bernama Saiful Maskur itu diketahui pertama kali warga sekitar. Kebakaran berasal pada sisi tenggara kandang.

Sebelum api membesar, sempat terdengar dua ledakan keras yang diidentifikasi sebagai ledakan gas.

"Di dalam kandang terdapat banyak bahan mudah terbakar, seperti pakan ayam dan sekam. Selain itu, bahan bangunan kandang yang sebagian besar terbuat dari galvalum dan seng, meski kuat, tetap bisa penyok karena api yang besar," ujar dia.

Tingginya kerugian kebakaran itu lantaran bangunan kandang yang berbeda dengan biasanya. Kandang itu dibangun menggunakan galvalum dengan konstruksi tiga lantai dan sistem otomatis.

Bangunan kandang ayam biasanya dibangun dengan bahan bambu dengan satu lantai.

Kebakaran kandang ayam di Tulungagung membuat pemilik mengalami kerugian mencapai Rp8 miliar.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News