Surabaya Punya Layanan 1 RW 1 Nakes di 1.177 Titik, Begini Manfaatnya

Kamis, 18 Juli 2024 – 11:36 WIB
Surabaya Punya Layanan 1 RW 1 Nakes di 1.177 Titik, Begini Manfaatnya - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri saat mengecek keberada satu RW satu nakes. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Layanan akses kesehatan bagi warga Surabaya terus diupgrade. Terbaru, Pemkot Surabaya meluncurkan RW 1 tenaga kesehatan (nakes) 1 (R1N1).

Layanan kesehatan tersebut bertujuan mempermudah dan mendekatkan pelayanan medis kepada warga Surabaya. Selain itu, mengurangi pasien ketika berobat di puskesmas atau puskesmas pembantu (pustu).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan keinginannya ketika warga melakukan pemeriksaan kesehatan tidak antre di puskesmas sehingga sebelum sakit (parah) ada pemeriksaan rutin di Balai RW.

“Kalau seumpama lagi greges (meriang) sedikit begitu, warga harus sadar segera periksa ke nakes, nanti nakes menyampaikan ke dokternya, diberi obat, obatnya dikirim ke Balai RW,” kata Eri usai meresmikan layanan R1N1 di Balai RW 5, Kelurahan Menur Pumpungan, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Rabu (17/7).

Eri menyebutkan total ada 1177 balai RW yang dilengkapi dengan satu nakes. Layanan ini sebagai wujud penerapan integrasi layanan primer (ILP) kesehatan di Kota Surabaya.

“Layanan R1N1 ini juga bagian dari pencegahan ketika ada warga yang mengalami sakit ringan maupun yang berisiko tinggi. Adanya layanan ini, maka pasien yang mengeluhkan sakit akan lebih cepat tertangani,” ujar dia.

Di layanan R1N1 ini, pemkot melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya juga menyediakan peralatan medis ringan.

Mulai dari tempat tidur pemeriksaan, alat pemeriksaan gula darah, dan sebagainya. Jika itu tertangani cepat, maka angka harapan hidup dan kesehatan warga Surabaya menjadi semakin lama dan menjadi sejahtera.

Dekatkan layanan kesehatan kepada warga, Pemkot Surabaya menyediakan R1N1 di 1.177 balai RW.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News