Jembatan Kedungpeluk Sidoarjo Ambruk, Pemerintah Siapkan Ini Agar Warga Tak Terisolir

Rabu, 17 Juli 2024 – 12:07 WIB
Jembatan Kedungpeluk Sidoarjo Ambruk, Pemerintah Siapkan Ini Agar Warga Tak Terisolir - JPNN.com Jatim
Kondisi jembatan di Desa Kedungpeluk, Candi, Sidoarjo. ANTARA/HO-Pemkab Sidoarjo.

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Pemkab Sidoarjo menyiapkan alternatif jembatan darurat setelah ambruknya jembatan di Desa Kedungpeluk, Kecamatan Candi, Sidoarjo.

Plt Bupati Sidoarjo Subandi mengatakan pihaknya menginstruksikan Dinas PU Bina Marga membangun jembatan bailey untuk membantu mobilisasi warga di wilayah pesisir timur Sidoarjo tersebut.

"Kami memerintahkan pemasangan jembatan Bailey agar segera ada jalan alternatif sehingga perekonomian warga tidak terganggu," ujar Subandi, Selasa (16/7).

Subandi menyebut keberadaan dan fungsi jembatan tersebut sangat vital karena merupakan akses utama warga menuju ke Kota Sidoarjo.

Jembatan bailey adalah jembatan dengan konstruksi rangka baja yang bersifat portabel dan bisa dibangun secara cepat serta dapat dipindah-pindah sesuai dengan kebutuhan.

"Jembatan bailey untuk pengganti sementara Jembatan Kedungpeluk dengan lebar tiga meter. Panjangnya menyesuaikan dengan kebutuhan akses warga," katanya.

Dia menjelaskan salah satu penyebab ambruknya jembatan Kedungpeluk itu adalah struktur bangunannya yang sudah lama, yakni sekitar 1975-an.

"Sebelumnya juga sudah terjadi retakan dan retakan itu melebar hingga kemudian ambruk. Bersyukur tidak sampai ada warga yang menjadi korban," tuturnya.

Pemkab Sidoarjo siapkan jembatan bailey untuk mobilisasi warga agar tidak terisolir.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News